Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon | D3 Perbankan Syariah

Ads

Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon


KOTAGAJAH – Kelompok Sekar Mina Kampung Kotagajah, Kecamatan Kotagajah, Lamteng, dapat bantuan seperangkat alat pengolahan abon ikan dari Dinas Perternakan dan Perikanan Lamteng.

Bantuat alat senilai Rp70 jutaan ini langsung diserahkan oleh Kasi Perikanan dan Pembudayaan, Eli Trisiadarma kepada kelompok tersebut, sekaligus memberikan cara pengolahan abon dari ikan patin menggunakan alat tersebut.

Menurut Eli Trisiadarma, ksaat dikonfirmasi Radar Lamteng kemarin, (9/1) bahwa bantuan ini anggran tahun 2012, dan telah disalurkan ke empat kelompok pengolahan ikan di Lamteng.

”Rinciannya, yakni Kelompok Rawabatik, Seputihsurabaya dan Kelompok Sangubanyu, Padangratu, bantuan berupa masing-masing seperangkat alat pengolahan kerupuk ikan. Kemudian, Kelompok Harapanjaya, Bandarsurabaya dan Kelompok Sekarmina, Kotagajah, mendapat bantuan masing-masing seperangkat alat pengolahan abon ikan,” bebernya.

Sementara, Sekretaris Kelompok Sekar Mina, Istirahayu mendampingi Ketua Winarsih mengaku senang dan terimakasih telah mendapatkan bantuan seperangkat alat pengolahan abon ikan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Lamteng.

”Mudah-mudahan dengan alat ini, pengolahan abon ikan lebih mudah dan praktis serta lebih banyak hasilnya. Pasalnya, sebelumnya hanya menggunakan tenaga manual yang hasilnya selama tiga hari hanya mengolah ikan sebanyak 20 kg,” terangnya.

Lanjutnya, kedepan dengan menggunakan alat pengolahan abon ikan bisa mengolah ikan sebanyak 50 kg perhari.”Artinya, lebih banyak dan praktis menggunakan alat mesin dibandingkan manual,” ucapnya.

Masih dikatakannya Ikan adalah salah satu sumber zat gizi penting bagi proses kalangsungan hidup manusia. Manusia telah memanfaatkan ikan sebagai bahan pangan sejak beberapa abad yang lalu. Sebagai bahan pangan ikan mengadung zat gizi utama berupa protein, lemak, vitamin dan mineral.

Sektor perikanan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia terutama dalam penyediaan lapangan pekerjaan, sumber pendapatan petani dan nelayan pada umumnya,sebagai potensi sumber protein hewani dan sumber devisa Negara.

Dari itulah, Kelompok Sekar Mina Kotagajah, Lamteng, meraih juara pertama tingkat kabupaten, dibidang ikan patin diolah menjadi abon ikan, kripik ikan, baso ikan, dan nugget ikan serta bentuk lainnya.

”Mungkin penilaian dari kabupaten itulah kelompok ini menjadi juara satu tingkat kabupaten,” katanya.
Lanjutnya, penanganan ikan setelah penangkapan atau pemanenan memegang peranan penting untuk memperolah nilai jual ikan yang maksimal. Salah satu usaha pengolahan ikan untuk meningkatkan hasil olahan produk perikanan yang dapat meningkatkan nilai jual produk tersebut yaitu diolah menjadi abon ikan,kripik ikan,baso ikan,nugget ikan.

”Salah satu ikan air tawar yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan tersebut diatas adalah ikan patin, selain itu memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, juga rasa dagingnya enak,” ucapnya.

Kegiatan dari Kelompok Sekar Mina adalah mengolah hasil budidaya ikan patin. Selain untuk membantu menambah penghasilan keluarga Kelompak Sekar Mina mempunyai beberapa misi atau tujuan diantaranya, berusaha mengurangi pengangguran dengan mencipatakan lapangan pekerjaan sendiri.

”Memberdayakan ibu-ibu kususnya di wilayah kampung pati untuk lebih kreatif dan percaya diri dan menambah penghasilan dalam membantu pemerintah untuk pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Lanjutnya, kedepan Kelompok Sekar Mina akan mengurus surat ijin usaha, dan nomor dari Dias Kesehatan. Kemudian, semua terpenuhi maka hasil produksi kelompok ini akan dititipkan di supermarket, warung dan lainnya.

”Saat ini, hanya memenuhi pesanan dan permintaan masyarakat setempat. Dengan beberapa macam olahan makanan yang dihasilkan juga cukup unik untuk diketengahkan, walaupun produk ini belum cukup dikenal namun diharapkan mampu menjadi produk andalan dari Kecamatan Kotagajah,” tandasnya.



Corolla Sedan Terbaik
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Toyota
Mobil Sedan
Grand New Corolla Altis

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Nasional dengan judul Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon . Jangan lupa selalu kunjungi pbsstainmetro.blogspot.com, karena masih banyak artikel lainnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pbsstainmetro.blogspot.com/2013/03/kelompok-sekar-mina-dapat-bantuan.html. Terima kasih!
Buat Teman-Teman yang mempunyai Artikel dan ingin di posting di Blog ini. Silahkan kirim Artikelnya ke alamat email ini : pbsstainmetro7@gmail.com atau KLIK DISINI. Yang Nantinya akan Kami cantumkan Nama Pengirim tersebut. Artikel dari temen-temen sangat berpengaruh terhadap perkembangan Blog D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro ini.

Bagikan Artikel "Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon " ini ke :
Ditulis oleh: "Perbankan Syariah STAIN Metro" - Saturday 16 March 2013

Beri Komentar untuk : "Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon " - D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro

Belum ada komentar untuk "Kelompok Sekar Mina Dapat Bantuan Perangkat Alat Pengolahan Abon "

Post a Comment


Klik Like yaaa..?