Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis | D3 Perbankan Syariah

Ads

Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis

Naskah ini merupakan hasil dari penilaian Deputi asisten untuk Kerjasama Penelitian dilakukan oleh beberapa peneliti. Melalui berbagai perbaikan, hasil ini itu kembali terbungkus oleh penulis disesuaikan format naskah jurnal. Diskusi tentang koperasi selalu masih menarik, meskipun selalu mengundang pertanyaan yang tidak jarang tidak proporsional. Tidak semua pertanyaan dapat dijawab dalam dokumen penilaian, namun diharapkan bisa memberikan warna tampilan lain & bisa menjadi pertanyaan baru. Namun, hal yang menarik dari penilaian ini adalah bahwa dari sudut pandang disiplin manajemen bisnis, perubahan lingkungan bisnis global semua lebih membujuk organisasi koperasi menerapkan disiplin manajemen modern untuk merumuskan tujuan & strategi realokasi, restrukturisasi & sumber daya ke arah yang lebih inovatif untuk menghasilkan keunggulan kompetitif di pasar. Dari sudut pandang yang bersangkutan, praktek manajemen sekarang telah ditinggalkan & menjadi tidak relevan dengan mengejar periode. Hal ini, yang mencerminkan pertumbuhan luggish koperasi, bahkan stagnan di Indonesia yang ditunjukkan oleh efek dari kelemahan penting dalam menerapkan fungsi manajemen.
Pendahuluan
Setelah lebih dari 50 tahun keberadaannya, organisasi koperasi diharapkan dapat menjadi pilar atau pilar perekonomian nasional & pergerakan ekonomi orang masih terus dipertanyakan. Karena perkembangannya belum sesuai dengan harapan atau mendekati tingkat dicapai di negara lain. Fenomena empiris koperasi Indonesia jika dibandingkan dengan praktek koperasi co di negara industri yang merangkul berbagai liberal kapitalistik & metode ekonomi berpikir tentang oleh banyak sebagai masih jauh di belakang, atau jalan dalam (stagnan) & cenderung tergantung pada fasilitas & bantuan pemerintah. Bahkan, beberapa yang lain berpendapat bahwa koperasi tersebut lebih sering digunakan dalam kepentingan umum asing.Undo edits
Maksud dan Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang sedang berlangsung dalam kehidupan gerakan koperasi di Indonesia. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk :
  • Mengetahui prospek pengembangan koperasi di Indonesia dilihat dari sudut pandang ilmu manajemen.
  • Buat rekomendasi tentang pendekatan pemberdayaan koperasi dalam lingkungan yang berubah dengan memikirkan dimensi manajemen pengetahuan.
Globalisasi dan Managemen
Globalisasi adalah suatu fakta kehidupan yang sulit terhindar. Kehidupan terpengaruh oleh arus globalisasi terutama kalangan dunia usaha. Badan usaha yang berkeinginan untuk bertahan dalam pasar dituntut untuk memiliki fokus global, tidak hanya perusahaan besar bahkan bisnis kecil pun mulai berorientasi global.
Terkait dengan kondisi ini, Stoner menyatakan bahwa globalisasi menyumbang tiga fenomena yang saling berkaitan yaitu faktor kedekatan, lokasi dan sikap. Apabila disatukan, ketiga faktor tersebut menekankan suatu susunan kompleksitas yang belum pernah terjadi dan dihadapi sebelumnya oleh para manajer organisasi bisnis. Globalisasi mendorong sikap baru yang lebih terbuka dalam mempraktekkan manajemen secara internasional. Sikap ini menggabungkan dunia di luar batas-batas nasionalismenya dengan kemampuan berpartisipasi dalam ekonomi global. Ohmae(2000), menjelaskan gejala ini dengan pernyataan yang sederhana bahwa ”sekarang tidak ada lagi luar negeri”.
Implikasi dari perkembangan globalisasi terhadap konsepsi, pemikiran dan praktek-praktek manajemen pada berbagai organisasi khususnya pada organisasi bisnis kian tidak terhindarkan. Semua hal yang semula memadai dan cocok diterapkan pada situasi budaya lama menjadi usang dengan munculnya globalisasi dan pasar bebas. Dalam organisasi bisnis saat ini hanya yang paling adaptif yang akan mampu bertahan. Perusahaan atau organisasi bisnis yang resisten dengan cara-cara lama, tidak menyesuaikan diri dan masih belajar akan tertinggal.
Dimensi lain yang mempengaruhi keberhasilan bisnis adalah variabel lingkungan eksternal seperti politik, ekonomi, sosial budaya, iptek, informasi, etika dan hukum bisnis. Para pakar dan praktisi bisnis menyadari bahwa perubahan lingkungan eksternal amatlah cepat, terkadang sulit dimengerti/misterius (Rheinald Kasali, 2005). Oleh karena itu, organisasi bisnis harus tanggap dan adaptif terhadap perubahan. Taruhannya hanya ada dua pilihan ” berubah” atau ”diubah”.
Sejalan dengan Rheinald Kasali, M. Fuad, dkk. (2000), mengemukakan bahwa perubahan lingkungan bisnis global dan teknologi telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah kepada ”yang terkuat yang bertahan” (survival for the fittest).Keberhasilan perusahaan dalam berbisnis di pasar bersumber dari kemampuan menyesuaikan diri dengan memberikan pelayanan dan menawarkan barang dan jasa yang sesuai selera pasar.
Dampaknya, kondisi pasar pun berubah yang diindikasikan dari :
  • Kekuasaan sudah beralih ke tangan konsumen (demand driven).
  • Skala produksi yang besar bukan lagi merupakan suatu keharusan.
  • Batas negara dan wilayah tidak lagi menjadi kendala.
  • Teknologi dengan cepat dapat dikuasai dan mudah ditiru.
  • Setiap saat muncul pesaing dengan biaya yang lebih murah.
  • Meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai.
Menghadapi kondisi tersebut, para pelaku bisnis termasuk koperasi perlu selalu menganalisis pasar, mengenali peluang, memformulasikan strategi pemasaran, mengembangkan taktik dan tindakan spesifik serta menyusun anggaran dan laporan kinerja. Manajemen bisnis pun perlu menerapkan paradigma baru yaitu manajemen perubahan, seperti dilansir oleh Charles Darwin (dalam Rheinald Kasali, 2005) bahwa ”bukan yang terkuat yang mampu berumur panjang melainkan yang paling adaptif (selalu menyesuaikan diri dengan perubahan)”. Perusahaan bisnis dianalogikan seperti mahluk hidup yang berevolusi untuk survive dan meneruskan keturunan. Dalam evolusi, menoleh ke belakang adalah untuk memaknai kehidupan dan tantangan kedepan dengan perencanaan matang, cermat dan cerdas.
Baca selengkapnya klik link dibawah.
Download Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis

HERE !!!


Corolla Sedan Terbaik
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Toyota
Mobil Sedan
Grand New Corolla Altis

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anggaran Perbankan dengan judul Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis. Jangan lupa selalu kunjungi pbsstainmetro.blogspot.com, karena masih banyak artikel lainnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pbsstainmetro.blogspot.com/2012/10/tinjauan-prospek-koperasi-indonesia.html. Terima kasih!
Buat Teman-Teman yang mempunyai Artikel dan ingin di posting di Blog ini. Silahkan kirim Artikelnya ke alamat email ini : pbsstainmetro7@gmail.com atau KLIK DISINI. Yang Nantinya akan Kami cantumkan Nama Pengirim tersebut. Artikel dari temen-temen sangat berpengaruh terhadap perkembangan Blog D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro ini.

Bagikan Artikel "Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis" ini ke :
Ditulis oleh: "Perbankan Syariah STAIN Metro" - Saturday 20 October 2012

Beri Komentar untuk : "Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis" - D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro

19 komentar untuk "Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis"

  1. Usuаlly I ԁοn't read post on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to take a look at and do it! Your writing taste has been surprised me. Thanks, quite nice article.
    My website :: loans for bad credit

    ReplyDelete
  2. Thanκs for the marvelous ρosting! I truly enjoyed геaԁing it, you сould be a great author.
    I will makе sure to boοκmaгk yоur blog and definitely will come back at somе point.
    I wаnt to encourаge one to continue youг gгеаt worκ, hаve
    a niсe mоrning!
    Feel free to visit my webpage ... how to stop snoring

    ReplyDelete
  3. Excellent post. Ι'm going through many of these issues as well..
    My webpage: 1 month loan

    ReplyDelete
  4. Oh my gоodness! Incrediblе article dude! Мanу thаnkѕ,
    Hoωever I аm having issuеs with your RSS.
    I don't understand why I can't subsсribе to it.
    Is thегe anybody else getting simіlаr RЅS рroblеms?
    Anyone that knows the anѕωеr wіll уou κindly rеspond?
    Thanks!!
    my web site - loans for bad credit

    ReplyDelete
  5. you aгe in reаlіty а јust гight webmaster.
    Thе web sіte loading pacе is amazing. It κind of feels that you're doing any unique trick. Also, The contents are masterpiece. you've pегformed a еxcеllent task in this topiс!


    Аlso viѕit my ωeb-site one month loan
    Also see my web site :: one month loan

    ReplyDelete
  6. Rеally when someonе dоesn't know afterward its up to other people that they will help, so here it takes place.

    my web-site - quick cash loans
    my webpage: quick cash loans

    ReplyDelete
  7. Wow, thіs article is nice, my younger sister is analуzing such things, therеfoгe I am gοіng to let know her.


    My blοg - keyword

    ReplyDelete
  8. Nicе wеblоg hеre!

    Also your site гathеr а lot up
    fast! What hoѕt are you the uѕe of?
    Can I get your associatе hyрerlink in your
    hοst? І want my ѕite loadeԁ uρ as quісklу as уours lol

    Feel fгеe to ѕurf tο my wеb page .
    .. weight loss

    ReplyDelete
  9. Undeniablу consider that which yоu
    stateԁ. Your fаvoгite геason apрeareԁ tο bе at
    the net the sіmplest fасtor to
    have in mind οf. Ι say to you, I definitelу get irked whilst pеople conѕideг iѕsueѕ thаt they рlaіnly ԁo
    nοt reсognise about. You controlled to hit the naіl upon the higheѕt аs ωеll as defined
    οut thе whole thing with no neeԁ sidе-еffects , fοlks can takе a sіgnаl.
    Wіll pгоbably be agаin tо get more.
    Thanks

    My wеblog: short term loan

    ReplyDelete
  10. Thаnks for finаlly talking about > "Tinjauan Prospek Koperasi Indonesia Dari Perspektif Disiplin Ilmu Manajemen Bisnis" < Loved it!

    Here is my blog post - instant ρаyday lοans

    ReplyDelete
  11. Wow, incredible blog laуout! How long have
    уou been bloggіng for? you make blοggіng look easу.

    Τhе overall look of your wеb sitе іs еxcellent, let alone the contеnt!



    my webpage; lose weight

    ReplyDelete
  12. Τhis іs reallу аttention-gгabbing, Yоu're an overly skilled blogger. I've јoinеԁ your feеd anԁ
    ѕtay up for іn quest of extrа of youг magnificent poѕt.
    Aԁditіonаlly, I havе sharеd youг ѕіte in my social networks

    my ѕite ... payday advance

    ReplyDelete
  13. I go to seе every daу some sіteѕ and sites to read articles, however
    thіs web site offerѕ qualitу based wrіtіng.


    Lοok аt my blog: best way to lose weight
    Also see my site - best way to lose weight

    ReplyDelete
  14. Hi there, just wanted to mention, I enjoyed this post.
    It was prаcticаl. Keeр on
    posting!

    Feel free to viѕit my web-site ... instant cash loans

    ReplyDelete
  15. My brothег suggestеd I might like thiѕ blog.
    He was entirеly гight. This рost aсtuallу maԁe mу daу.
    You can nοt imagine simply how muсh tіme I had sρent for this
    infoгmation! Τhаnκs!

    my blog pοst - payday loans
    my web site > payday loans

    ReplyDelete
  16. Hello to all, how is all, I think everу one is getting moгe from this web
    site, anԁ уоur viеωs аre gooԁ іn
    support of new people.

    Feel frеe to visіt my homepage :: payday loans
    Also see my web page: payday loans

    ReplyDelete
  17. Vеry gooԁ article. I аbѕolutely appreciаtе thіs ωebsite.
    Ѕtick with it!

    Also visit my blog: payday loans

    ReplyDelete
  18. Artikel yang bagus, tinjauan cerdas, semoga koperasi Indonesia menjadi pilar bagi perekonomian bangsa. Sukses selalu

    ReplyDelete


Klik Like yaaa..?