Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif | D3 Perbankan Syariah

Ads

Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif

D3 Perbankan Syariah. Berita terbaru mengenai Bank Syariah. BI (Bank Indonesia). Perbankan Syariah di Imbau memperbesar porsi pembiayaannya ke sektor Produktif dibandingkan ke sektor Jasa dan Konsumsi. Sekarang sekitar 72 persen dari total pembiayaan Perbankan Syariah mengucur ke sektor jasa dan konsumsi.


Bank Indonesia (BI) semakin giat mendorong bank syariah mengalirkan pembiayaan ke sektor produktif. Pasalnya, ketimbang pembiayaan konsumer, sektor produktif dianggap lebih membuahkan hasil untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Halim Alamsyah, Deputi Direktur BI mengatakan, selama ini, sistem dan standar pembiayaan syariah nyaris mirip dengan yang berlaku di bank konvensional. "Alhasil, pembiayaan sektor produktifnya dikenai double tax layaknya kredit konvensional," ujarnya, Senin (7/5/2012).

Hal ini disebabkan karena beberapa produk pembiayaan syariah kurang bersaing. Sebagai contoh, prinsip yang mewajibkan adanya underlying asset untuk pembiayaan rumah, meski skema pembayarannya dilakukan dengan mencicil ke bank penyalur, nasabah tetap terhitung membeli dari pengembang.

Menurut Halim, sulit membedakan transaksi pembiayaan syariah dengan kredit konvensional yang notabene tidak memerlukan underlying asset. Kendati demikian, harus diakui, sebanyak 60% dari total pembiayaan syariah tahun lalu yang sebesar Rp 150 triliun masih mengalir ke sektor produktif.

"Di Indonesia, komposisi pembiayaan syariah didominasi oleh sektor produktif 60%, untuk investasi dan modal kerja. Sedangkan, sisanya mengalir ke sektor konsumer. Ini lahan subur bagi pengembangan bisnis syariah. Karena, negara-negara lainnya tidak sampai sebesar itu," imbuh Halim.

Sumber : bangka.tribunnews.com

Demikian Seputar Berita mengenai Perbankan Syariah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita mengenai Perbankan Syariah.


Corolla Sedan Terbaik
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Toyota
Mobil Sedan
Grand New Corolla Altis

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Perbankan Syariah dengan judul Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif. Jangan lupa selalu kunjungi pbsstainmetro.blogspot.com, karena masih banyak artikel lainnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pbsstainmetro.blogspot.com/2013/03/bank-syariah-didorong-biayai-sektor.html. Terima kasih!
Buat Teman-Teman yang mempunyai Artikel dan ingin di posting di Blog ini. Silahkan kirim Artikelnya ke alamat email ini : pbsstainmetro7@gmail.com atau KLIK DISINI. Yang Nantinya akan Kami cantumkan Nama Pengirim tersebut. Artikel dari temen-temen sangat berpengaruh terhadap perkembangan Blog D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro ini.

Bagikan Artikel "Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif" ini ke :
Ditulis oleh: "Perbankan Syariah STAIN Metro" - Tuesday 12 March 2013

Beri Komentar untuk : "Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif" - D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro

Belum ada komentar untuk "Bank Syariah Didorong Biayai Sektor Produktif"

Post a Comment


Klik Like yaaa..?