Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat | D3 Perbankan Syariah

Ads

Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat


Kerajaan Saudi Arabia adalah pasar terbesar di GCC saat ini dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 3,2% yang diperkirakan antara tahun 2011 dan 2015 booming ekonomi ditetapkan sebesar 4,2%. Untuk sektor perbankan saja, Arab Saudi memiliki proporsi tertinggi di dunia dari aset perbankan syariah terhadap total aset perbankan melebihi 20%, karena semua bank disana memiliki operasional yang sesuai dengan prinsip syariah , mulai dari yang sepenuhnya bank syariah sampai yang baru membuka jendela bank syariah. Sektor perbankan Saudi Arabia saat ini terdiri 22 bank komersial, termasuk 12 bank lokal dan sepuluh cabang Teluk dan bank asing. Dari 12 bank lokal, ada empat bank (Al-Rajhi, Al-Jazira, Al-Bilad dan Al Inma Bank) yang sudah menjadi Bank Umum Syariah.
Dengan potensi besar di bidang-bidang seperti Real Estate, Private Equity, Infrastruktur dan Pembiayaan Proyek dan Modal Pertumbuhan pasar melalui penerbitan Sukuk, investasi prospek Kerajaan Saudi Arabia untuk keuangan Islam sangat positif. Pertumbuhan penduduk Arab Saudi telah jauh melampaui pembangunan infrastruktur di Inggris di berbagai sektor, baik itu air, listrik, transportasi, pelabuhan, infrastruktur ringan dan sosial seperti kesehatan dan pendidikan. Dari sudut pandang hukum, dibandingkan dengan lima anggota lainnya GCC Arab Saudi mungkin yang paling terbuka untuk investasi asing, karena ada peraturan yang telah direvisi oleh Saudi Arabian Monetary Authority dan Modal Otoritas Pasar untuk membuka pasar dan mendorong investasi asing dan bakat ke dalam negara.
Selama lima tahun terakhir, pergeseran paradigma telah terjadi dalam rezim Saudi sekuritas, dan pertumbuhan yang cepat dari Syariah compliant sekuritas telah menempatkan Arab Saudi bersama Malaysia dan UEA di garis depan pasar Sukuk global. Dari kurang lengkapnya penerbitan pada tahun 2004, Arab Saudi diadakan 3% dari pasar pada tahun 2006, dan menyumbang 11% dari semua emisi Sukuk global 2007. Pemain industri yakin posisi bullish Arab Saudi di pasar ini, dan memiliki harapan tinggi bahwa Saudi Arabia berpotensi menyalip Malaysia sebagai penerbit Sukuk global terbesar dalam waktu dekat karena berasal dari penerbitan surat berharga Negara. Hanya tahun lalu, penerbitan Sukuk di Arab Saudi mencapai US $ 2,3 miliar - dibandingkan dengan US $ 7,3 miliar di Malaysia, dan diharapkan akan menjadi semakin didorong oleh keinginan untuk penerbitan obligasi syariah oleh pemain nasional besar seperti Saudi Electricity and the Saudi International Petrochemical Company yang terus tumbuh.
Dalam hal pembiayaan Islamic Real Estate, pelaku industri yakin potensi pasar di Kerajaan Saudi Arabia berdasarkan lingkungannya sangat likuid serta meningkatnya permintaan dari investor ritel dan institusional untuk harta berwujud dan diversifikasi investasi. Pada tahun 2010, Arab Saudi Sumou Holding dan Manajemen Encore yang berbasis di Jenewa meluncurkan Investasi Real Estat Islam pertama untuk Kerajaan Arab Saudi senilai US $ 260 miliar tahun dari proyek real estate di Kerajaan, yang mencakup US $ 82 miliar pengeluaran pemerintah berencana untuk mendanai pembangunan rumah untuk warga negara Saudi. Persetujuan terbaru hukum hipotek Saudi Arabia pada real estate yang ditunggu-tunggu ini juga diharapkan dapat meningkatkan permintaan untuk rumah oleh 55.000 unit diperkirakan tambahan per tahun, memberikan peluang baru untuk pembiayaan syariah di sektor ini.
Apa yang paling dibutuhkan di Saudi sekarang untuk menciptakan dorongan kemajuan keuangan Islam adalah pengembangan yang tepat dari sisi pasar modal, melalui penciptaan pasar Sukuk lokal di riyal harus tersedia bagi perusahaan-perusahaan Arab Saudi untuk memungkinkan mereka untuk memasuki basis investor lokal dan mengumpulkan uang melalui Sukuk, dan secara bertahap pindah dari pinjaman bank. Asset asing kerajaan, likuiditas tinggi, ekonomi yang kuat, dan posisi penting di pusat dunia Islam memberikan segala pengaruh yang perlu dikembangkan menjadi pusat keuangan Islam. Dengan perkembangan infrastruktur dan peraturan yang tepat, Kerajaan Saudi Arabia sepertinya diatur untuk menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan di pasar keuangan Islam global.

Sumber : http://www.redmoneyevents.com/2012/2012_IFNforum_SA.asp


Corolla Sedan Terbaik
Mobil Sedan Corolla
Mobil Sedan Toyota
Mobil Sedan
Grand New Corolla Altis

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mancanegara dengan judul Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat. Jangan lupa selalu kunjungi pbsstainmetro.blogspot.com, karena masih banyak artikel lainnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pbsstainmetro.blogspot.com/2012/09/saudi-arabia-berpotensi-menyalip.html. Terima kasih!
Buat Teman-Teman yang mempunyai Artikel dan ingin di posting di Blog ini. Silahkan kirim Artikelnya ke alamat email ini : pbsstainmetro7@gmail.com atau KLIK DISINI. Yang Nantinya akan Kami cantumkan Nama Pengirim tersebut. Artikel dari temen-temen sangat berpengaruh terhadap perkembangan Blog D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro ini.

Bagikan Artikel "Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat" ini ke :
Ditulis oleh: "Perbankan Syariah STAIN Metro" - Friday 28 September 2012

Beri Komentar untuk : "Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat" - D3 Perbankan Syariah STAIN Jurai Siwo Metro

Belum ada komentar untuk "Saudi Arabia Berpotensi Menyalip Malaysia Sebagai Penerbit Sukuk Global Terbesar dalam Waktu Dekat"

Post a Comment


Klik Like yaaa..?